Loading...

Rumus Kimia: Definisi, Penulisan, Macam, Contoh Soal dan Pembahasan

Advertisement
Pengertian Rumus Kimia
Di alam, unsur-unsur ada yang stabil berdiri sendiri seperti gas mulia dan ada juga yang membentuk senyawa dengan unsur lain seperti hidrogen dan oksigen membentuk air. Senyawa ada yang berbentuk senyawa kovalen dan ada juga yang berbentuk senyawa ion. Rumus yang menyatakan komposisi atom-atom penyusun senyawa disebut rumus kimia.

pengertian, cara penulisan, macam-macam dan contoh rumus kima
Rumus kimia mengandung lambang-lambang unsur dan angka yang menunjukkan jumlah unsur-unsur penyusun senyawa. Perhatikan penulisan rumus kimia berikut ini.

cara atau aturan lambang penulisan rumus kimia
Perhatikan gambar lambang rumus kimia di atas. X dan Y menyatakan lambang unsur dan angka 2 menunjukkan jumlah unsur X. Bagaimana penulisan rumus kimia untuk senyawa kovalen dan senyawa ion? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Cara Penulisan Rumus Kimia
Di dalam ilmu kimia, kita mengenal senyawa kovalen dan senyawa ion. Senyawa kovalen adalah senyawa kimia yang terbentuk dari hasil ikatan kovalen, sedangkan senyawa ion adalah senyawa yang terbentuk dari hasil ikatan ion. Rumus kimia kedua jenis senyawa tersebut memiliki aturan penulisan yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya.

#1 Rumus Kimia Senyawa Kovalen
Unsur-unsur ada yang berdiri sendiri atau hanya terdiri atas satu atom tunggal (monoatomik), ada yang terdiri atas dua atom yang sama (diatomik) dan lebih dari dua atom yang sama (poliatomik). Rumus kimia untuk unsur monoatomik ditulis sesuai dengan lambang unsurnya. Rumus kimia untuk molekul diatomik dan poliatomik ditulis dengan menuliskan lambang unsurnya ditambah angka yang menunjukkan jumlah atomya.

Rumus kimia untuk unsur monoatomik, molekul diatomik dan molekul poliatomik dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel Contoh Rumus Kimia Unsur dan Molekul

Unsur Monoatomik
Molekul Diatomik
Molekul Poliatomik
Unsur
Rumus Kimia
Unsur
Rumus Kimia
Unsur
Rumus Kimia
Besi
Fe
Oksigen
O2
Ozon
O3
Tembaga
Cu
Hidrogen
H2
Belerang
S8
Emas
Au
Nitrogen
N2
Fosfor
P4
Helium
He
Klor
Cl2


Neon
Ne
Brom
Br2



Unsur yang atom-atomnya berikatan dengan atom sejenis disebut molekul unsur misalnya O2, N2, P4. Molekul-molekul ini merupakan senyawa kovalen. Rumus kimia untuk senyawa dengan unsur-unsur yang berbeda ada yang berupa rumus molekul dan rumus empiris. Apa yang dimaksud dengan rumus molekul dan rumus empiris itu? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan kalian perhatikan contoh berikut ini.

Contoh:
a.Karbon dioksida mempunyai rumus molekul CO2­ terdiri atas satu atom C dan dua atom O.
b.Etena mempunyai rumus molekul C2H terdiri atas 2 atom C dan 4 atom H.

Perbandingan C dan H pada etena yaitu 2 : 4. Jika perbandingan itu disederhanakan maka C : H menjadi 1 : 2. Rumus kimianya ditulis CH2. CH2 ini merupakan rumus empiris dari C2H4. Contoh lain penulisan rumus molekul dan rumus empiris dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel Contoh Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Nama Senyawa
Rumus Molekul
Rumus Empiris
Air
H2O
H2O
Amoniak
NH3
NH3
Glukosa
C6H12O6
CH2O
Benzena
C6H6
CH

#2 Rumus Kimia Senyawa Ion

Senyawa ion dibentuk oleh ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Senyawa ion tidak bermuatan sebab jumlah muatan positifnya sama dengan muatan negatifnya. Misalnya CaCl2 dibentuk dari satu ion Ca2+ dan dua ion Cl sehingga jumlah muatannya adalah +2 + ( 2) = 0. Rumus kimia beberapa senyawa ion tertera pada tabel berikut ini.

Tabel Contoh Rumus Kimia Senyawa Ion

Anion | Kation
Br 
SO42 
PO43
Na+
NaBr
Na2SO4
Na3PO4
K+
KBr
K2SO4
K3PO4
Mg2+
MgBr2
MgSO4
Mg3(PO4)2
Ba2+
BaBr2
BaSO4
Ba3(PO4)2
Al3+
AlBr3
Al2(SO4)3
AlPO4

#3 Jumlah Atom pada Rumus Kimia

Rumus kimia ada yang sederhana ada pula yang kompleks. Jumlah atom pada rumus kimia dituliskan dengan angka di belakang lambang atom, misalnya MgBr2, jumlah atom Mg = 1 dan Br = 2. Pada senyawa ion kadang-kadang ada tanda kurung, misalnya senyawa Ca3(PO4)2. Pada rumus tersebut, angka di luar kurung menunjukkan jumlah gugus atom di dalam kurung. Sehingga jumlah masing-masing atom pada Ca3(PO4)2 adalah Ca = 3, P = 2, O = 4 x 2 = 8. Contoh jumlah atom pada beberapa rumus kimia dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel Contoh Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Rumus Kimia
Jumlah masing-masing atom
MgBr2
Mg = 1
Br = 2

K2SO4
K = 2
S = 1
O = 4
Ca(OH)2
Ca = 1
O = 2
H = 2
Fe(OH)3
Fe = 1
O = 3
H = 3
Ba3(PO4)2
Ba = 3
P = 2
O = 8
Al2(SO4)3
Al = 2
S = 3
O = 12

Macam-Macam Rumus Kimia

Dari penjelasan tentang rumus kimia senyawa kovalen di atas, sudah jelas dinyatakan bahwa rumus kimia ada dua jenis, yaitu rumus molekul dan rumus empiris. Definisi atau pengertian dari masing-masing jenis rumus kimia tersebut adalah sebagai berikut.

Rumus Molekul suatu senyawa adalah rumus yang menunjukkan jumlah atom yang sebenarnya di dalam molekul senyawa itu. Sedangkan Rumus Empiris suatu senyawa adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom unsur penyusun senyawa.

Terkadang, perbandingan jumlah atom-atom pada rumus molekul merupakan perbandingan paling sederhana sehingga rumus empiris senyawa akan sama dengan rumus molekulnya. Misalnya H2O, H2SO4 dan NH3. Rumus empiris lebih banyak digunakan untuk menyatakan rumus kimia senyawa-senyawa ion, misalnya natrium klorida dengan rumus kimia NaCl mempunyai perbandingan ion Na+ dan Cl = 1 : 1, asam sulfat dengan rumus H2SO4mempunyai perbandingan ion H+ dan SO42 = 2 : 1.

Contoh Soal Rumus Kimia dan Pembahasannya

Untuk lebih memahami tentang rumus kimia terutama rumus molekul, rumus empiris dan jumlah atom pada senyawa kompleks, perhatikan dua contoh soal beserta pembahasannya berikut ini.

Contoh Soal #1

Tentukan mana yang merupakan rumus molekul dan rumus empiri dari beberapa senyawa berikut ini.
a. Li2O
d. BaSO4
g. C4H8O2
b. Al2O3
e. CH3COOH
h. C2H4
c. C4H10
f. H2O2
i. CO(NH2)2

Jawab:
Yang merupakan rumus molekul adalah Li2O, C4H10, BaSO4, CH3COOH, H2O2, C4H8O2, C2H4 dan CO(NH2)2. Sedangkan yang merupakan rumus empiris adalah Li2O, Al2O3, BaSO4, CH3COOH, dan CO(NH2)2.

Contoh Soal #2

Hitunglah jumlah masing-masing atom yang menyusun molekul senyawa-senyawa di bawah ini.
a. Aseton, C2H6O
d. Urea, CO(NH2)2
b. Pupuk ZA, (NH4)2SO4
e. Glukosa, C6H12O6
c. Tawas, Al2(SO4)3


jawab
Rumus Kimia
Jumlah masing-masing atom
C2H6O
C = 2
H = 6
O = 1

(NH4)2SO4
N = 2
H = 8
S = 1
O = 4
Al2(SO4)3
Al = 2
S = 3
O = 12

CO(NH2)2
C = 1
O = 1
N = 2
H = 4
C6H12O6
C = 6
H = 12
O = 6


Demikianlah artikel tentang pengertian, lambang, cara penulisan dan macam-macam rumus kimia suatu senyawa beserta contoh soal dan jawabannya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru